DPRD  

Tingkatkan Kinerja Daerah, DPRD Kabupaten Sukabumi Evaluasi LPPA 2023

DPRD Kabupaten Sukabumi
Rapat kerja bahas Laporan Pertanggungjawaban Pengguna Anggaran (LPPA) dari setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Sukabumi tahun 2023.

Sukabumi, silatjabar.com – Badan Anggaran (Banggar) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kabupaten Sukabumi mengadakan rapat kerja untuk membahas Laporan Pertanggungjawaban Pengguna Anggaran (LPPA) dari setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) tahun 2023.

Rapat ini merupakan lanjutan dari pertemuan sebelumnya antara komisi-komisi DPRD dan mitra kerjanya. Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Sukabumi, Budi Azhar Mutawali, menyampaikan kepada media bahwa tujuan rapat ini adalah untuk mengevaluasi kinerja serta memastikan penggunaan anggaran tahun 2023 sudah sesuai.

“Agenda rapat hari ini melanjutkan pembahasan LPPA tahun 2023. Sebelumnya sudah ada rapat antara komisi dengan mitra kerja, yang kemudian dikompilasi oleh badan anggaran,” ujar Budi.

Selain itu, rapat ini juga bertujuan menyusun rekomendasi yang akan dibahas dalam rapat paripurna DPRD mendatang. “Catatan-catatan dari rapat ini akan dijadikan rekomendasi DPRD, yang nantinya disampaikan saat rapat paripurna. Rekomendasi ini didasarkan pada masukan dari berbagai komisi dan fraksi untuk kemajuan Kabupaten Sukabumi,” tambah Budi.

Baca juga: Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Siap Berkolaborasi dengan Letkol Andhi sebagai Dandim 0622 Baru

Anggota DPRD juga menyoroti kinerja dari masing-masing SKPD. Walaupun terdapat beberapa catatan dan rekomendasi, Budi menyatakan bahwa secara umum, pelaksanaan akuntansi keuangan pemerintah daerah sudah berjalan dengan baik.

“Kami ingin mengetahui capaian kinerja yang dibahas dalam LPPA. Meski ada catatan rekomendasi, penjelasan sudah diberikan dan akan disampaikan dalam rekomendasi DPRD saat paripurna,” jelasnya.

Budi juga mengapresiasi pemerintah daerah atas keberhasilan meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK. “Kami mengapresiasi pemerintah daerah yang berkali-kali mendapatkan Opini WTP dari BPK. Ini menandakan pelaksanaan akuntansi keuangan pemerintah daerah berjalan dengan baik,” tutupnya.

Baca Juga :  DPRD Jabar Hasim Adnan Dorong Majelis Taklim Sebagai Media Pemberdayaan Masyarakat

Rapat tersebut dipimpin oleh Budi Azhar Mutawali dan dihadiri oleh pimpinan komisi, seperti Ketua Komisi I Paoji Nurjaman dari fraksi PDI Perjuangan, Ketua Komisi III Anjak Priatama Sukma dari fraksi PKS, serta pimpinan fraksi dan anggota DPRD lainnya. Dari pihak TAPD, rapat dipimpin langsung oleh Plh Sekda Kabupaten Sukabumi Toha Wildan Athohilah beserta SKPD yang tergabung dalam TAPD. (ADV)