Dispar Kabupaten Sukabumi: Seren Taun di Kasepuhan Gelar Alam Jadi Magnet Wisatawan Domestik dan Mancanegara

Kabupaten Sukabumi, silatjabar.com – Event Seren Taun yang berlangsung di Kasepuhan Gelar Alam, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi beberapa waktu lalu, terus meninggalkan kesan positif.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi, Sendi Apriadi, mengungkapkan bahwa acara tradisional ini terbukti mampu menarik minat wisatawan, baik dari dalam negeri maupun mancanegara.

“Seren Taun setiap tahunnya selalu menjadi magnet wisata. Kita memiliki beberapa kampung adat yang tersebar di Kecamatan Cisolok, Nagrak, dan Cidahu, yang rutin mengadakan acara ini. Khusus untuk Seren Taun di Gelar Alam, event ini secara konsisten masuk dalam Kalender Event Nusantara (KEN) dari Kementerian Pariwisata,” kata Sendi pada Sabtu (19/10/24).

Baca juga: Dukung Promosi Wisata, Dispar Kabupaten Sukabumi Kirim Mojang Jajaka Terbaik ke Ajang Jawa Barat

Sendi juga menambahkan bahwa Seren Taun di Kasepuhan Gelar Alam sudah tersertifikasi sebagai Kekayaan Intelektual Komunal (KIM), yang dikeluarkan oleh Kementerian Hukum dan HAM RI.

“Sertifikat KIM ini difasilitasi oleh Dinas Budaya dan Pariwisata Kabupaten Sukabumi,” tambahnya.

Ia berharap event Seren Taun di Gelar Alam serta acara serupa di seluruh kasepuhan di Kabupaten Sukabumi dapat semakin meningkatkan kunjungan wisata. Sendi juga mengajak masyarakat untuk bersama-sama mempromosikan acara tersebut melalui media digital.

“Kasepuhan Gelar Alam sudah sangat berhasil dalam promosi budaya dan pariwisata. Tantangan ke depan adalah bagaimana kita bisa merawat dan melestarikan warisan ini agar terus menjadi daya tarik wisata yang luar biasa,” tutupnya.

Baca Juga :  Dispar Kabupaten Sukabumi dan Paguyuban Tandang Makalangan Bahas Polemik Wisata Pantai Minajaya