Didampingi Disbudpora Kabupaten Sukabumi, Sekda Ade Sambut Baik Aku dan Bambu Festival Nusantara 2024

Sukabumi, silatjabar.com – Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi, H. Ade Suryaman, bersama Dinas Budaya Pemuda dan Olahraga (Disbudpora) dan Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sukabumi, menerima kunjungan Yayasan Bumi Karuhun Kadudampit di Pendopo Sukabumi pada Kamis (10/10/2024).

Kunjungan ini membahas persiapan penyelenggaraan Aku dan Bambu Festival Nusantara Tahun 2024.

Dian Ahmad Kosasih, pendiri dan ketua badan pembina Yayasan Bumi Karuhun Kadudampit, menyampaikan bahwa festival ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang potensi bambu Indonesia.

“Secara potensial, kita tidak kalah dari Tiongkok dan Jepang, tetapi dari segi hasil, kita masih jauh tertinggal,” ujar Dian.

Festival “Aku dan Bambu” pertama kali diselenggarakan pada 2021 saat pandemi dan berlangsung secara daring. Dian menjelaskan bahwa acara ini telah mengalami perkembangan, meskipun masih terdapat beberapa kekurangan yang perlu diperbaiki.

Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi menyambut positif acara ini dan berharap pelaksanaannya memperhatikan jadwal Pilkada yang berdekatan.

“Rencana penyelenggaraan festival keempat ini akan dilaksanakan pada 30 November,” jelasnya.

Sekretaris Daerah juga menekankan pentingnya melestarikan budaya bambu di Indonesia.

“Saat ini tercatat ada 176 jenis bambu di Indonesia, termasuk di Kabupaten Sukabumi yang harus kita jaga. Ini langkah penting untuk ngamumule awi, atau menjaga dan melestarikan bambu di Sukabumi,” tegasnya.

Baca Juga :  Disbudpora Kabupaten Sukabumi Tanggapi Penemuan Makam Palsu di Desa Citepus